Wednesday, April 4, 2018

Menjelajah Goa Pindul dan Goa Sriti di Yogyakarta

Hi traveler!

Siapa sih yang nggak kenal Yogyakarta? Kota yang punya banyak sebutan, mulai dari kota pelajar hingga kota gudeg.

Yogyakarta memang salah satu destinasi wisata menarik bagi siapapun baik turis lokal maupun mancanegara. Kebetulan calon suami saya (saat ini sudah menjadi suami) mendapat jatah liburan dari kantor dan berencana mengunjungi saya dan keluarga. Dirinya akan berkunjung bersama sahabatnya.

Ketika ditanya mau pergi kemana lagi setelah mengunjungi saya, keduanya mengaku sama sekali tidak punya rencana dan akhirnya memasrahkan semuanya kepada saya.

Setelah sempat bingung mencari destinasi wisata yang dirasa pas untuk mereka, akhirnya saya memutuskan untuk membawa mereka ke Yogyakarta. Alasan saya karena Yogyakarta memiliki banyak sekali tempat yang dapat dikunjungi, mulai dari Keraton, Taman Sari, Malioboro, Museum, bahkan tempat wisata ekstrim seperti Goa Pindul dan Goa Sriti.





Setelah memutuskan destinasi wisata yang akan dikunjungi, akhirnya saya mencari tiket pesawat. Cukup susah juga kalo harus membandingkan harga tiket pesawat dari satu airlines ke airlines lain. Harus dicatetin satu-satu biar bisa compare harga.

Syukurlah ketemu sama Skyscanner!
Jadi dengan aplikasi Skyscanner kita bisa mencari tiket pesawat dengan mudah dari mulai harga terendah hingga tertinggi dari berbagai maskapai penerbangan. Selain itu kita juga bisa rental mobil lewat Skyscanner. Lebih mudah dan praktis!

Setelah mendapatkan tiket pesawat Garuda Indonesia dari Skyscanner akhirnya mulailah untuk menyusun rencana perjalanan. Nantinya kami akan menginap disekitaran malioboro saja jadi lebih gampang untuk jalan kaki jika mau kemana-mana.

Waktu menunjukan pukul 4 sore saat kami tiba di hotel tempat kami menginap di kawasan Malioboro. Kami lalu memutuskan untuk beristirahat dan menjelajahi Malioboro.

Esok harinya sekitar pukul 6 pagi, kami sudah berada di mobil untuk melakukan perjalanan ke Goa Pindul. Perjalanan dari Malioboro ke Goa Pindul cukup jauh yaitu sekitar 2 jam. Tips untuk teman-teman yang akan berkunjung ke Goa Pindul harus sedia baju ganti karena pasti akan basah.

Karena kami bertiga lupa membawa baju ganti, akhirnya kami membeli celana dan kaos dari kios terdekat.



Setelah memakai jaket keselamatan dan sepatu yang sudah disediakan, akhirnya kami siap untuk menuju ke Goa Pindul.



Tapi sebelum itu kami harus membawa satu ban yang berukuran besar sebagai alat transportasi nantinya. Tenang saja ban besar tersebut sudah tersedia dari Goa Pindul jadi tidak perlu bawa dari rumah :D

Perjalanan tidak begitu jauh. Hanya memang harus hati-hati karena jalan cukup curam dan licin.



Harus tetap konsentrasi. Maka dari itu saya sarankan untuk mengisi perut dulu sebelum ke sini.


Nah fungsi dari Ban yang kita bawa ini sebagai alat transportasi kita untuk menjelajah Goa Pindul.


Seperti ini susana didalam Goa Pindul. Tepatnya sih sebelum penghujung pintu keluar Goa Pindul.

Setelah selesai menjelajah Goa Pindul, ada satu hal menarik yang ingin kami coba yaitu lompat dari tebing.




Untuk berada diatas, kami harus mendaki cukup tinggi. Selain tinggi dan curam, jalan yang ditempuh cukup licin jadi sekali lagi harus hati-hati.



Ketika ditanya seperti apa rasanya melompat pada ketinggian tersebut, jawabannya sangat mengerikan!
Rasanya jantung saya berhenti berdetak sepersekian detik. Coba tebak apa yang terjadi saat saya sudah nyemplung didalam air?

Celana saya robek! Iya robek! Hal tersebut terjadi karena saking kerasnya badan saya menghantam air.

Setelah itu, kami mulai mempersiapkan diri untuk menjelajahi satu goa lagi yaitu Goa Sriti. Alat yang dibawa masuk ke dalam goa berbeda, karena karakteristik masing-masing goa pun berbeda.



Jika di Goa Pindul kita menggunakan ban sebagai alat transportasi, maka di Goa Sriti kami harus ekstra hati-hati karena kami akan melaluinya dengan berjalan kaki. Pengunjung Goa Sriti pun tidak sebanyak pengunjung Goa Pindul. Jadi bisa dikatakan Goa Sriti lebih sepi dibanding Goa Pindul.



Setelah memasang senter kepala dan memastikan semuanya sudah siap, kami berdoa terlebih dahulu untuk keselamatan bersama.



Hal yang paling saya takuti saat ada di Goa Sriti ini adalah ular! Saya paling takut sama hewan ini. Tapi Alhamdulillah, tidak ada ular ataupun kejadian aneh-aneh saat kami menjelajah Goa Sriti ini.


Setelah puas menjelajah kedua goa tersebut kami tak langsung pulang, masih ada satu kegiatan ekstrim lagi yang patut dicoba. Ada yang bisa menebak kegiatan apa ini?

Yup! Offroad!!
Ini adalah salah satu wishlist saya. Sudah cukup lama ingin mencoba kegiatan yang satu ini dan akhirnya terwujud.





Setelah puas menjelajah dan mencoba hal-hal baru, kami memutuskan untuk kembali pulang ke Malioboro tempat kami menginap. Untuk kalian yang suka kegiatan cukup ekstrim, kalian mungkin tertarik untuk mencoba kegiatan-kegiatan diatas. 

Jika waktu dan budget terbatas, saran saya kunjungi saja Yogyakarta. Di kota tersebut, sepertiya destinasi wisatanya sangat lengkap. Ingin destinasi wisata edukasi? Ada taman pintar! Ingin Destinasi wisata seni? Ada De Arca dan De Mata! Wisata Kuliner? Banyak! Wisata sejarah? Ada keraton, taman sari dan masih banyak lagi. Wisata Ekstrim? Ada Goa Pindul, Goa Sriti dan juga Offroad! 


Selamat berlibur!
See you on my next post



Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner.










2 comments on "Menjelajah Goa Pindul dan Goa Sriti di Yogyakarta"
  1. ya ampunnn... aku suka kali baca postingan kayak gini. karena dasar anaknya tukang ngelayap ( kalau orang jawa bilang ) ehehehe. ampuunnn deh itu pas nyemplung aku gilo sendiri liatnya walau cuma difoto. hahahhaha. semoga suatu saat, aku ke Yogya dan pastinya bakal kusamperin deh goa itu tadi.wkwkkwkk di Medan juga banyak destinasi ekstrim kayak gitu kak Ni.. salam tari dari Medan. :*

    ReplyDelete
  2. Iya wajib banget ini dikunjungi kalo pas main ke Jogja :)
    Aku belum pernah ke Medan, tapi itu masuk di wishlist kota yang pengen aku kunjungi. Makasih Tari sudah mampir :)

    ReplyDelete

SOCIOLLA DISCOUNT

sociolla'

CHARIS DISCOUNT

charis